BLT

Post Reply
maksensius_deki
Posts: 2
Joined: 10 May 2020, 13:31

14 May 2020, 22:01

Apakah desa bisa menganggarkan insentif bagi tim relawan desa dlm penanganan covid 19?

Apakah ada pedoman utk reviu dana desa dlm rangka penangan covid 19,?
admin
Site Admin
Posts: 96
Joined: 15 Apr 2020, 14:45

26 May 2020, 14:06

1. Berdasarkan kutipan keterangan dari M. Fachri - Direktur PPMD Kemendes menyatakan bahwa Tim Gugus Tugas Desa/Relawan Desa khususnya untuk Kepala Desa/Perangkat Desa/Pendamping Desa tidak boleh mendapat honor lagi karena ybs sdh mendapat honor/insentif dari jabatannya..
Yang mendapat honor/insentif diarahkan untuk yang memang tidak mendapat gaji, seperti kader posyandu dan kader pemberdayaan masyarakat desa..

honor/insentif ini dapat dianggarkan melalui ADD atau PADes (yg sumbernya dari APBD) jangan melalui DD.
Karena DD (Dana Desa) lebih digunakan untuk kegiatan operasional penangan covid19.

2. Dalam PPM tematik kemarin, kami memberikan contoh Program Kerja Reviu (PKR) untuk reviu DD( khususnya BLT-DD). PKR tsb dapat digunakan sebagai acuan, namun dapat disesuaikan dengan kondisi di masing-masing Inspektorat. Contoh PKR tersebut sekiranya memuat langkah-langkah yg kurang lebih sebaiknya terdapat dalam kegiatan Reviu BLT-DD. Terdapat juga Contoh PKR untuk Bansos PKH (APBN) yang dapat juga dijadikan sebagai referensi.
Contoh PKR dapat diunduh di Menu Download, Forum Materi PKS/PPM.
Sebagai informasi tambahan, contoh PKR yang kami berikan mengacu kepada Permendes No 6 Tahun 2020 dan PMK No 40 Tahun 2020. Jika ada perubahan peraturan, maka kriterianya disesuaikan dengan peraturan yang terbaru, seperti sekarang ini terdapat PMK terbaru yang memperbaharui PMK No 40, yaitu PMK No. 50 Tahun 2020. File PMK dapat diunduh di menu Regulasi instansi Kementerian Keuangan.
Post Reply